Home > News > Tukang Ojek ‘Pahlawan’ Nadia Jadi Lulusan Terbaik

Tukang Ojek ‘Pahlawan’ Nadia Jadi Lulusan Terbaik

JAKARTA – Meraih IPK nyaris sempurna, mengantarkan Nadia Rohmatul Laili menjadi lulusan terbaik program Magister (S-2) Universitas Airlangga (Unair). Namun siapa sangka, peran tukang ojeklah yang turut membantunya memperoleh IPK 3,98 tersebut.

Mahasiswa Fakultas Keperawatan (FKp) itu menceritakan, ketersediaan aplikasi ojek online mempermudah dia untuk berkeliling mengambil data penelitian di semua Puskesmas yang ada di Surabaya. Pasalnya, selama mengerjakan tesis Nadia mengalami keterbatasan sarana transportasi dan tidak memiliki SIM (Surat Ijin Mengemudi).

“Saya serahkan daftar Puskesmas se-Surabaya beserta alamatnya, dia yang menentukan Puskesmas mana dulu yang harus dituju,” ujarnya disitat dari laman Unair, Jumat (30/9/2016).

Nadia mengungkapkan, butuh waktu tujuh minggu untuk mengambil seluruh data yang diperlukannya. Setelah mencari pengemudi ojek online yang pas, dia pun akhirnya menemukan seorang driver ojek online yang bersedia antar-jemput ketika pooling data.

“Malah kadang ia mengingatkan bahwa saya ada janji dengan kepala Puskesmas tertentu, hari apa jam berapa. Jadi selain dapat driver, saya serasa punya asisten penelitian,” kenangnya.

Dalam penelitiannya, perempuan berhijab ini mengangkat penelitian berjudul ‘Perilaku Perawat dalam Penerapan Edukasi Diabetes Mellitus berbasis Theory of Planned Behavior’. Terdapat 62 Puskesmas yang dikaji.

Keuletan Nadia berkeliling dari satu Puskesmas ke Puskesmas lainnya pun membuatnya meraih nilai A untuk tesisnya. Menurut dia, niat, komitmen, dan disiplin menjadi kunci meraih predikat wisudawan terbaik tersebut.

“Saya berterima kasih kepada orangtua, para dosen, dan teman-teman yang sudah memotivasi dan membantu mengerjakan tesis ini. Saya juga berterimakasih kepada tukang ojek itu, karena mau saya ajak curhat dan diskusi masalah tesis meskipun enggak ada background keperawatan,” tutup mahasiswi asal Sidoarjo itu. (sus)

Sumber: Okezone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *