Home > Publication > Opinion > Tips Menjadi Siswa Baru di SMA

Tips Menjadi Siswa Baru di SMA

Mataair.tv– Masa SMA dapat dikatakan adalah masa terindah. bahwa keorang musisi mengatakan hal itu didalam lagunya. Karena di masa inilah kalian bisa menikmati banyak hal. Sehingga jangan sampai masa SMA kalian hilang atau hanya terlewati begitu saja.

Namun terkadang menjadi siswa baru memiliki tantangan-tantangan. Hal ini jangan dianggap berat karena semuanya bisa disikapi dengan baik dan kalian akan keluar dari hal-hal yang mungkin menakutkan itu. Berikut tips-tips yang bisa kalian lakukan saat menjadi siswa baru.

Beranikan diri untuk berteman

Terkadang kalian masih merasa malu untuk berteman. Apapun alasannya kalian harus berani berkenalan dan bersosialisasi. dengan semakin banyaknya teman kalian akan terlihat seperti anak yang easy going dan disukai teman lainnya.

Mengikuti Ekskul

Pilihlah ekstra kulikuler yang menurut kalian menarik dan sesuai dengan passion kamu. Dengan mengikuti ekskul kalian akan semakin banyak teman. Selain itu waktu kalian bermanfaat.

Guru adalah orang tua

Guru kalian adalah orang tua saat disekolah. Jadi ketika terjadi sesuatu dalam diri kalian ceritalah kepada guru atau sekedar bertanya. Terdakang guru konseling terkenang menakutkan. Namun seharusnya guru konseling bisa kalian jadikan sebagai tempat berdiskusi dan berbagi cerita.

Maksimalkan waktu luang dirumah

Jika memang sedang tidak membantu orang tua. kalian harus memaksimalkan waktu ruang dirumah. Jika ada PR kalian harus memprioritaskan. Setelah pekerjaan tersebut selesai hak kalian adalah pengembangan diri seperti melakukan kegiatan non akademik yang menyenangkan dan bermanfaat.

Terbukalah kepada orang tua

Apa yang terjadi di Sekolah jangan takut untuk menceritakan ke orang tua. Tidak perlu takut dimarahi misalnya kalian mengalami hal yang kurang menyenangkan. Dengan bercerita kepada orang tua kalian akan diberi petunjuk untuk menyelesaikannya. (bib)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *