Home > Publication > Feature > Ternyata Bukan System32, Inilah Folder Paling “Keramat” Di Program Windows

Ternyata Bukan System32, Inilah Folder Paling “Keramat” Di Program Windows

Jakarta, MataAir.tv-Buat kamu merasa seorang geek komputer, tentunya sudah tau seluk beluk tentang folder ProgramData. Namun, mungkin masih banyak pengguna komputer biasa yang tidak tahu mengenai folder ini di Windows. Pasalnya, Microsoft sendiri tidak menampilkan folder ini alias di-hidden.

Ya, folder Program Data ini merupakan sebuah folder ‘terlarang’ bagi para pengguna awam. Karena biasanya mereka tidak tahu pasti fungsi folder ini, jadi jika salah diutak-atik bisa berabe.

Pertanyaannya adalah apa saja yang harus kamu ketahui tentang folder ini dan bagaimana cara menampilkannya? Dilansir dari HowToGeek berikut penjelasan lengkapnya.

Apa itu Folder ProgramData?

program data

Sesuai namanya, folder ProgramData adalah tempat menyimpan data-data program dan pengaturan aplikasi yang terinstal pada sistem operasi Windows. Tools yang dijalankan dengan sistem perizinan juga dapat menyimpan pengaturan mereka di folder ini. Sebagai contoh, sebuah aplikasi antivirus dapat menyimpan pengaturannya, virus log, dan file yang dikarantina di C:\ProgramData.

Kebanyakan program menggunakan folder ini sebagai lokasi caching untuk data yang harus tersedia untuk semua pengguna, atau untuk mengonfigurasi beberapa pengaturan dasar.

Program menyimpan data di sejumlah tempat yang berbeda di Windows. Hal ini tergantung pada para pengembangnya. Folder ProgramData ini biasanya mencakup:

  • Folder App Data: Sebagian besar aplikasi menyimpan pengaturan mereka di folder C:\Users\username\AppData. Setiap akun pengguna Windows memiliki sendiri folder App Data, sehingga setiap akun memiliki data aplikasi dan pengaturan sendiri.
  • Folder dokumen: Banyak dari aplikasi atau game PC memilih untuk menyimpan pengaturan mereka di bawah folder dokumen diC:\Users\username\Documents. Hal ini membuat lebih mudah bagi orang untuk menemukan dan mengedit file-file ini.
  • Registry: Ini merupakan sebuah pusatdatabase yang menyimpan pengaturan konfigurasi pada sebuah sistem operasi.
  • Program file: Jika kamu menginstal sebuahsoftware Photoshop, maka program file akan bertempat di C:\ Program Files\Photoshop.

program data adalah

Cara Menampilkan Folder ProgramData

Adakalanya kita harus membuka folder ‘keramat’ ini untuk kepentingan tertentu. Misalnya untuk mengedit ataupun menghapus file yang ada di dalamnya ketika kita melakukan uninstall sebuah program. Biasanya masih ada data tersisa di ProgramData yang harus dihapus secara manual.

Caranya, buka Windows Explorer, pada address bar kamu double klik dan ganti dengan tulisanC:/ProgramData. Nah, dengan ini kamu sudah bisa membuka folder ProgramData yang berlokasi di C:/ProgramData. Namun, dengan cara ini kamu hanya bisa membuka folder, bukan memunculkannya.

Nah, untuk memunculkan folder ProgramData yang disembunyikan pada local disk C, sebenarnya caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu mematikan fitur hidden pada pengaturan folder option.

folder-option

Pertama buka Windows Explorer, lalu matikan fitur hidden pada Windows lewat menu yang terletak di atas Windows Explorer. Kemudian klik menu view lalu beri centang pada Hidden Items. Sekarang folder C:\ProgramData sudah dapat muncul.

Dengan ini kamu tidak hanya membuka folder ProgramData. Namun, kamu juga sudah memunculkannya, sehingga bisa dibuka setiap waktu tanpa perlu lagi repot menuliskan alamatnya di address bar. Oh iya, kamu juga dapat menemukan pengaturan folder option di Control Panel.

Jaka ingatkan sekali lagi ya, tidak disarankan bagi kamu yang tidak mengerti untuk mengutak-atik file di dalam folder tersebut. Karena dikhawatirkan akan terjadi error pada program atau bahkan sistem operasi Windows.

Jalantikus.com