Home > News > Tekan Pengangguran, Pemerintah Siapkan Program Pendidikan Vokasi

Tekan Pengangguran, Pemerintah Siapkan Program Pendidikan Vokasi

MataAir.tv, Bogor-Pemerintah kembali membenahi sistem pendidikan Indonesia dengan menyediakan program pendidikan vokasi. Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, program tersebut bertujuan untuk menekan angka pengangguran dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)

“Betapa pentingnya mengembangkan pendidikan dan pelatihan vokasi sehingga mereka jauh lebih siap untuk mengisi pekerjaan-pekerjaan yang lebih jelas,” kata Darmin di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (4/1/2017).

Darmin menjelaskan, sistem tersebut akan lebih mengutamakan praktik di lapangan atau magang di kawasan perindustrian ketimbang belajar di dalam kelas. “Di mana sistemnya adalah mungkin hanya 1/3 saja dari kegiatannya di kelas, sisanya praktik,” jelas Darmin

.Hal serupa disampaikan Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri. Menurutnya, pelatihan keterampilan atau pendidikan vokasi dapat mendorong masyarakat dalam memperoleh pekerjaan yang lebih baik.

“Terobosannya memperluas akses masyarakat mendapat pelatihan keterampilan yang sesuai kebutuhan industri. nah itu priroritas kita di 2017 ini,” ungkap Hanif.

Selain menyiapkan pendidikan vokasi, pemerintah juga menjanjikan ketersediaan lapangan pekerjaan dengan menggenjot investasi dalam negeri. Dengan begitu, pertumbuhan ekonomi otomatis meningkat seiring tumbuhnya lapangan pekerjaan baru.

“Kalau invetasinya digenjot, otomatis pertumbuhan ekonominya akan lebih berkualitas, penciptaan lapangan kerjanya jadi tambah banyak. Kita tarik investasi untuk buka lapangan kerja,” pungkas Hanif.

metrotvnews.com
(DEN)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *