Home > Publication > Opinion > Tak Hanya Populer, Ini Manfaat-Manfaat Menulis

Tak Hanya Populer, Ini Manfaat-Manfaat Menulis

Mataair.tv—Menulis bagi sebagian orang sesuatu yang sangat memberatkan. Namun tahukah kalian bahwa dengan menulis banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Seorang Tere Liye dengan gaya menulis yang mendayu-dayu dan menyentuh telah membawa dirinya sebagai novelis ternama di era baru ini. Atau  Andy F Noya yang mengawali akhirnya sebagai seorang wartawan yang kemudian sukses dan menjadi seorang host papan atas.

Menjadi popular adalah sebagian dari bonus jika kalian memiliki keahliain menulis, namun tidak hanya itu menulis ternyata memiliki banyak sekali manfaat. Berikut manfaat-manfaat menulis.

Mengenali Diri dan Potensi

Foto: google.co.id

Kalian yang terbiasa menulis kemungkinan yang pertama akan merucut kepada satu topic yang kalian sangat sukai. Dari topic yang terpilih secara ilmiah itu kalian akan menggali dan mendalami topic tersebut dari berbagai dimensi. Tenggelamnya kalian dalam satu topic tersebut akan secara ilmiah membentuk diri kalian yang concern dibidang tersebut.

Sebagai contoh, ketika kalian sangat tertarik menulis tentang digital hamper dapat dipastikan kalian memang memiliki passion dan potensi di dunia digital. Apakah kemudian kalian akan bergelut di dunia penulisan khususnya di topi digital atau akan mengambangkan sebuah bisnis di dunia digital adalah opsi berikutnya.

Lebih Mudah Mengembangkan Gagasan

Manfaat ini masih simultan dengan manfaat yang pertama. Kalian dengan memiliki banyak informasi tentang sebuah topik akan sangat mudah mengembangkan sebuah gagasan. Hal ini karena kalian sudah mengantongi banyak informasi dan fakta-fakta yang berhubungan dengan  topik tersebut.

Melatih Mengorganisasikan Masalah

foto: google.co.id

Terkadang masalah sulit di pecahkan bukan karena masalah tersebut terlalu besar. Namun terkadang karena masalah tersebut tidak dituangkan secara tertulis dan hanya ada dibayangan. Dengan menulis atau menuangkan masalah secara tersurat akan lebih mudah mengorganisasikan masalah untuk diselesaikan.

Menulis Untuk Mendidik

educationworld.com

Di era internet dan digital seperti saat ini pengambangan keahlian menulis sangat luas. Salah satunya adalah menulis untuk mendidik. Sebagai contoh misalnya kalian yang memiliki tips belajar, tutorial menggunakan sebuah produk, atau bahkan menyampaikan pesan-pesan inspiratif dalam dilakukan di Internet seperti di blog atau di akun facebook kalian. Dengan susunan tulian yang rapi bukan tidak mungkin kalian dapat menjadi langganan para likers dan followers.

Menulis Untuk Meningkatkan Kesadaran

Bagi kalian yang memiliki jiwa sosial atau mungkin seorang aktifis sangat dianjurkan untuk belajar menulis. Dengan tatanan  dan susunan yang bagus kalian bisa menulis untuk memberikan kesadaran keada masyarakat melalui berbagai media. Tulislah secara kontinyu topic yang ingin kalian geluti. Misalnya tentang kesadaran lingkungan, tertib dalam bertransportasi, anti korupsi atau menyuarakan tentang jam belajar bagi orang tua dan anak-anaknya.(bib)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *