Home > News > Review: Bin Idris Mengajak Kita Berpetualang Lewat Album Pertamanya

Review: Bin Idris Mengajak Kita Berpetualang Lewat Album Pertamanya

Bin Idris – Bin Idris (self-titled)

Orange Cliff Records, 2016

Mendengarkan Bin Idris rasanya seperti berpetualang. Bayangin kamu tiba-tiba terbangun di tengah padang pasir dan melihat sesosok berbaju merah dengan kacamata hitam. Sambil mengulurkan tangan, ia ngajak kamu berkeliling. Setelah bercengkarama sesaat, kamu tau nama dia adalah Haikal Azizi, tapi ia minta disebut Bin Idris saja.

Bersamanya, kamu dibawa dalam petualangan epik dan tak terkira. Waktu dan ruang beracak dan tak terduga. Tiba-tiba aja, kamu duduk di sebuah truk yang melaju di jalan tol bareng Iwan Fals, lalu melihat paduan suara di tengah hutan. Nggak lama kemudian, kamu melihat aksi solo Jack White di Amerika. Eh, tak lama malah beribadah khusyuk di sebuah masjid.

Itulah yang saya rasakan ketika mendengarkan album penuh pertama vokalis Sigmun ini. Dengan benang merah musik folk, Haikal cukup terampil nyelipin unsur-unsur genre lain. Ada nuansa blues, psychedelic, hingga ambient. Haikal pun juga bisa bikin lirik nyentrik ala Iwan Fals, tapi terdengar filosofis di lagu lainnya. Bin Idris pun bisa dibilang beda dari folk lokal lain yang sering bermain di tema senja-kopi-alam.

Namun, karena beberapa lagu di album ini sudah pernah dirilis sebelumnya, album ini kadang terdengar seperti album kompilasi. Sehingga ketika diputar dalam mode shuffle pun, tak ada rasa yang berbeda.

Yang jelas, petualangan ala Bin Idris ini nggak boleh kamu lewatkan. Buat teman mencari jawaban hidup atau sahabat saat melintas antar kota, semuanya pas!

Sumber: Hai-Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *