Home > News > Peneliti Oxford: Ternyata Manusia Hanya Manpu memiliki 150 Teman

Peneliti Oxford: Ternyata Manusia Hanya Manpu memiliki 150 Teman

Jakarta, MataAir.tv-Saat nonton Stranger Thing, diceritakan bahwa Will yang diculik ke dunia Upside Down, terperangkap di sana selama lebih dari seminggu. Udah gitu, ada satu scene yang menunjukkan Will seperti tak berdaya. Hai berasumsi, selama di sana, Will nggak makan. Mukanya pucat bukan main. Nah, HAI jadi bertanya deh, sebenernya berapa sih batas manusia untuk bisa hidup tanpa makan?

Manusia selalu punya capaian yang tak terbatas: selalu ingin menjadi lebih kuat, lebih cepat, mendaki lebih tinggi, hingga hidup lebih lama. Namun, selihai-lihainya kita meningkatkan kemampuan, potensi kita tetap nggak bisa lepas dari batasan sainstifik dari tubuh.

Pertanyaan pun muncul, sebenernya segimana sih, batas maksimal yang bisa dicapai oleh tubuh kita, dalam banyak hal.  Seberapa lama kita bisa bertahan tanpa napas lanjutan, seberapa kuat kita bisa nggak tidur, seberapa centimeter tinggi yang bisa kita capai?

Nggak perlu dipikirin sendiri atau diterka-terka, para ilmuwan sudah melalukan peneilitan dan menyajikan hasilnya. Dikumpulkan oleh Popular Science, inilah dia berbagai batas tubuh manusia:

1. Kecepatan Tertinggi Manusia: 9,4 meter per detik

Setelah sprinter Usain Bolt memecahkan rekor dunia di Olimpiade 2008, Mark Denny, seorang biologis di Stanford University bertanya: “Apakah kecepatan Usain Bolt adalah yang tercepat yang bisa dilakukan manusia?” Atau jangan-jangan masih bisa lebih cepat lagi.

Setelah menganalisis rekor-rekor sebelumnya, Denny memprediksi bahwa manusia sebenarnya bisa mencapai jarak 100 meter dalam 9,48 detik atau lebih cepat dari rekor Usain Bolt.

2. Beban Terberat Yang Bisa Manusia Angkat: 1.000 pounds (453,6 kg)

Atlet angkat beban terkuat bisa mengangkat 1000 pounds, tapi Todd Schroeder, biokinesiologis dari University of Souther California di Los Angeles bilang kalau kita bisa 20 persen lebih kuat dari itu. Katanya, otak kita menjaga batas jumlah otot fiber yang aktif dalam satu waktu. Nah, kalau kita bisa melepas “pengamanan” otak itu, maka kita bisa lebih kuat.

3. Pukulan Terkuat Manusia: 4.741 newton

Tahun 2005, dilakukan penelitian kepada para petinju olimpiade untuk mengukur kekuatan tinju mereka. Cynthia Bir, insyinyur biomedis dari Wayne State University menemukan bahwa rata-rata kekuatan mereka adalah 3.427 newton, dan ditemukan salah satu pukulan yang mencapai 4.741 newton, kekuatan yang sama dengan hentakan yang bisa dilakukan beruang kutub setengah ton.

4. Batas Ketajaman Pendengaran Manusia: 100.000 hertz
Manusia dianggap bisa mendengar suara antara 20 hertz (seperti suara bass di konser musik RnB) hingga 20.000 hertz (dengungan nyamuk). Tapi, Michael Qin, peneliti di Naval Submarine Medical Research Lab, menemukan bahwa kita bisa mendengar lebih tajam di bawah air. Qin menemukan bahwa manusia bisa mendeteksi suara hingga 100.000 hertz.

5. Batas Jumlah Ingatan Manusia: 1 Juta Gigabytes

Otak kita punya 1 miliar neuron sebagai tempat penyimpanan memori. Jika tiap satu neuron bisa menampung satu memori, maka kita hanya bisa sanggup menampung hingga beberapa gigabytes saja. Itulah kata Paul Reber, ahli psikologi dari Northwestern University. Tapi, nyatanya, tiap neuron itu membentuk 1000 koneksi dengan neuron lain, yang kemudian bisa meningkatkan kemampuan penyimpanan otak kita hingga 10 juta gigabytes.

6. Jumlah Warna Yang BIsa Dilihat Mata: 1 Juta Warna

Rata-rata, manusia bisa melihat sekitar sejuta warna, walau beberapa orang–yang kemudian disebut tetrachromats–bisa melihat lebih banyak warna.

7. Jumlah Teman Terbanyak Yang Bisa Manusia Punya: 150 teman

Eits, ini bukan temen di Path atau Facebook yah, melainkan teman di dunia nyata. Menurut Robin Dunbar dari University of Oxford, satu manusia hanya bisa punya teman 150 orang maksimalnya. Dunbar meneliti sensus data di kelompok tribal yang jumlah rata-ratanya 148 anggota. Jumlahyang sama di kelompok bisnis saat ini. Selain itu, pendiri Goretex membuktikan di satuan pabriknya yang terdiri 150 pekerja, semuanya bisa saling menjadi teman.

8. Batas Air Terdalam Yang Bisa Kita Selami: 214 meter

Pemegang rekor penyelam terdalam adalah Herbert Nirsch, yang mencapai 214 meter di Yunani pada 2007. John Fitz-Clarke, seorang biofisikawan di Dalhousie Universiy, membuat sebuah model pertukaran gas di paru-paru, dan dengan itu ia memprediksikan kita nanti bisa menyelam hingga 300 meter. TApi Neal Pollock, seorang fisiologis di Duke University, bilang kalau Nitsch sangat dekat dengan batas praktikal. Jika lebih, penyelam akan mengalami batuk darah atau malah lambung paru-paru mereka bisa lumpuh.

9. Waktu Terlama Tanpa Makanan: 382 Hari 

Ini dibuktikan oleh pria yang sebelumnya berbobot 456 pounds (206 kg), saat berusia 27, ia menjadi subyek penelitian University of Dundee di skotlandia. Dia puasa selama setahun lebih, dan berat badannya menyusut hingga 180 pounds (81 kg). Namun, dalam ukuran manusia tipikal, nggak bisa selama itu. Seorang biksu sudah mencoba hidup tanpa makan dan berhasil bertahan hingga 36 hari.

10. Waktu Terlama Tanpa Tidur: 11 Hari

Randy Garder, saat masih 17 tahun, melakukan penelitian sains demi memecahkan rekor dunia, lama-lamaan terjaga tanpa tidur. Ia berhasil sampai 11 hari dengan dipantau oleh William Dement, seorang psikiater dari Stanford University. Randy selama terjaga ia terlihat jadi pemarah.

Sumber: Hai Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *