Home > Event > Merespon Kekinian, MataAir Selenggarakan Workshop Writing-Social Media Improvement

Merespon Kekinian, MataAir Selenggarakan Workshop Writing-Social Media Improvement

 

newww

 

Jurnalistik merupakan ilmu, proses, dan teknik penyampaian informasi aktual melalui media massa. Istilah jurnalistik sendiri secara singkat dapat diartikan sebagai proses atau metode-metode pencarian dan pengumpulan segala bentuk kebenaran atau informasi yang kemudian disebarluaskan kepada masyarakat. Sedangkan, sosial media merupakan saluran interaksi atau pergaulan sosial secara online.

Meskipun media sosial tidak bisa dikategorikan ke dalam dunia jurnalistik, perlu diketahui jika adanya media sosial ini bisa juga memunculkan jurnalisme warga. Di mana jurnalisme warga didefinisikan sebagai orang yang berbagi informasi kepada orang lain meskipun bukan seorang jurnalis. Selain bisa memunculkan jurnalisme warga, adanya media sosial ternyata juga bisa membantu proses kegiatan jurnalistik saat ini.

Penggunaan media sosial dalam kegiatan jurnalistik memungkinkan publikasi konten jurnalistik dapat dilakukan dalam skala yang lebih luas. Hal ini bisa dilihat dari misalnya penggunaan akun media sosial Twitter oleh media jurnalistik, dengan menggunakan sistem hyperlink, media jurnalistik bisa mempublikasikan beritanya secara mudah dan berita bisa diakses oleh semua pengikut dari akun Twitter media jurnalistik tersebut.

Kekuatan media sosial dalam jurnalistik dapat dilihat dari segi publikasinya, penyebaran informasi atu berita dalam skala yang lebih luas. Selain itu, newsroom akan lebih fokus pada pemanfaatan komunitas di dalam media sosial. Tak hanya itu saja, media sosial juga dapat digunakan untuk kerjasama antara produser konten (media) dengan sumber berita jurnalis menjadi manajer komunitas. Peran jurnalis berkembang dari proses peliputan dan produksi berita, menjadi peran menyebarluaskan berita.  Jurnalis juga mengambil percakapan di media sosial sebagai berita.

Oleh karena itu, MataAir Foundation melalui program Djakarta Creative School membuka peluang bagi pelajar dan pemuda untuk bisa mengeksplorasi minat dan bakatnya di bidang jurnalistik dan media kreatif. Sebagai program persiapan, Djakarta Creative School mengadakan Workshop Writing – Social Media Improvement yang akan diselenggarakan dalam 3 sesi dengan masing masing pembicara ahli di bidangnya. Pada prinspinya, workshop ini merupakan kelas persiapan ASEAN Student Journalist Backpacker yang merupakan program pengembangan socio-trip ke negara Asia Tenggara yang pada kesempatan ini ialah Malaysia sebagai goal dari kegiatan ini. Setelah mengikuti workshop selama 3 pertemuan dan 5 sesi di berbagai tema jurnalistik dan media kreatif, kami berharap peserta yang mengikuti kegiatan Djakarta Creative School; ASEAN Student Journalist Backpacker ini dapat menjadikan jurnalistik dan media kreatif sebagai teman mereka dalam menghadapi era masa kini yang menuntut kita memperoleh dan mengelola derasnya arus informasi melalui media sosial.

Register now: http://mataair.or.id/dcs2016/