Home > News > Masjid Seribu Pintu Tangerang: Aset Wisata Religi di Kota Akhlakul Karimah

Masjid Seribu Pintu Tangerang: Aset Wisata Religi di Kota Akhlakul Karimah

Tangerang, bimasislamMasjidNurul Yaqin yang terletak di Kelurahan Bayur, PeriukJaya, merupakan salah satu masjid terkenal di kotadengan julukan Kota ‘Akhlakul Karimah’, Tangerang,Provinsi Banten. Keunikan masjid ini adalah jumlahpintunya yang sangat banyak, karena memiliki pintuyang banyak itulah masjid Nurul Yaqin dikenal dengansebutan “masjid seribu pintu.”Masjid ini didirikan oleh al-Faqir Mahdi Hasan al-Qudratillah al-Muqaddam, seorang ulama keturunanArab yang tinggal di daerah Batu Ceper, Tangerangpada tahun 1960. Pada bulan Ramadhan atau hari-hari besar Islam, masjid unik ini ramai dikunjungimasyarakat baik untuk beribadah maupun untukmelihat keunikan masjid tersebut.

Di beberapa bagian pintu masjid, terdapat ornamen dengan hiasan angka 999 yang menambah keindahan masjid dengan luas hampir satuhektar ini. Terdapat sejumlah lorong gelap di antara pintu-pintu yang dibangun menyerupai labirin, di bagian ujung dari lorong tersebut  terdapat ruangan yang disekat dan diberi nama berbeda satu sama lain, seperti fathul qarib, tanbihul ghafilin, safinatun jannah, Fatimah, dan lain-lain. Secara keseluruhan, berziarah ke masjid ini akan menjadi pengalaman wisata religi yang sulit dilupakan oleh pengunjung.

Selain itu, keunikan lain di masjid ini adalah terdapat tasbih besar berukuran 10 sentimeter atau  seukuran kepalan tangan orang dewasa. Tasbih dengan 99 butir ini diyakini sebagai tasbih terbesar di Indonesia. Selain masyarakat lokal, sejumlah wisatawan mancanegara, terutama dari negeri jiran Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura ramai mengunjungi masjid nan unik di Tangerang ini.(ska/bimasislam/foto:wisatakita.web.id)

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *