Home > News > Mark Zuckerberg Pamer JARVIS: Asisten Cerdas yang Bikin Dia Selevel dengan Tony Stark

Mark Zuckerberg Pamer JARVIS: Asisten Cerdas yang Bikin Dia Selevel dengan Tony Stark

Beberapa waktu lalu, CEO sekaligus founder Facebook, MArk Zuckerberg resmi memperkenalkan ‘mainan’ barunya yang diberi nama JARVIS. Terdengar familiar bukan namanya? Ya, karena memang ‘mainan’ baru si Zuckerberg ini terinspirasi dari nama asisten pintar Tony Stark (Robert Downey Jr) dalam film Iron Man.

Lantas, apa sih sebenarnya JARVIS ini?

Dikutip dari laman Mirror.co.uk, JARVIS ini sebenarnya adalah asisten pintar yang bisa diperintahkan untuk melakukan beragam macam aktivitas. Mulai dari memonitor rumah, menghibur keluarga Zuckerberg, hingga memasak sarapan sampai memilihkan baju abu-abu untuk Zuckerberg.

Dalam video yang diposting Zuckerberg di akun Facebook resminya, nampak jika asisten pintar yang merupakan kepanjangan dari Just A Rather Very Intelligent System ini bisa melayani kebutuhan Zuckerberg selama seharian penuh. Termasuk juga mengasuh si Max, buat hati Zuckerberg dan juga Pricilla Chan.

Unik banget kan?

Untuk membangun JARVIS, Zuckerberg mengaku pakai beragam perangkat yag biasa dipakai saat membangun Facebook.
Ya, Zuckerberg mengaku jika kemampuan hebat JARVIS ini tak lepas dari teknologi dan perangkat yang dipakainya. Untuk menciptakan JARVIS. Zuckerberg mengaku menggunakan beberapa perangkat internal yang biasa ia gunakan saat membangun Facebook termasuk bahasa pemrosesan natural, pengenalan suara, pengenalan wajah, dan penguatan lainnya yang ditulis menggunakan Python, PHP dan Objective C.

Tak hanya itu, dikutip dari Fastcompany.com, Zuckerberg juga mengaku beberapa sistem asisten pintar di dalam rumah menggunakan sumber yang berbeda seperti sistem Creston yang berfungsi untuk mengontrol nyala lampu, thermostat dan pintu. Ada sistem Sonos dengan Spotify juga untuk mengendalikan musik, nyala televisi atau kamera untuk memantau aktivitas sang anak Max.

FYI, JARVIS sebenarnya adalah resolusi tahunan Zuckerberg di 2016.


facebook.com/zuck
Sebelum diluncurkan, Zuckerberg memang mengungkapkan jika JARVIS ini adalah resolusinya untuk tahun 2016. Mundur sejenak saat awal tahun 2016 lalu, Zuckerberg pernah menuliskan bahwa ia ingin membangun sebuah sistem asisten pintar yang mirip seperti JARVIS di film Iron Man.
Selanjutnya, jelang akhir tahun sistem itu pun terwujud. Kini Zuckerberg dan keluarga bisa berkomunikasi dan meminta JARVIS melakukan apa pun di dalam rumah melalui perintah suara sampai melalui perintah via chatting di Facebook Messenger.

Hebat banget kan? Nah guys, berkaca dari Zuckerberg, sudahkah kamu menyiapkan resolusimu untuk tahun depan? Gak perlu hal-hal yang berlebihan, cukup hal-hal sederhana tapi berdampak pada kehidupamu sendiri dan untung-untung untuk kehidupan di sekitarmu.

Sumber: IDNtimes