Home > News > Majelis Ulama Indonesia Gelar Silaturrahim Media Islam

Majelis Ulama Indonesia Gelar Silaturrahim Media Islam

Jakarta (02-02-2017) – MataAir.tv. Untuk mewujudkan kerjasama pemberitaan yang sinergis dan silaturrahim sesama pelaku media islam, Majelis Ulama Indonesia gelar pertemuan bersama elemen media Islam baik media cetak, media online, televisi dan radio. Pertemuan yang dihadiri 70 peserta dari masing masing perwakilan media ini membahas beberapa poin penting seperti posisi dan citra media Islam, fatwa halal dan keuangan Islam dan diakhiri dengan sharing bersama dan rencana tindak lanjut setelah mendapatkan arahan dari KH. Ma’ruf Amin selaku Ketua Umun MUI.

Pertemuan ini menghasilkan beberapa gagasan penting dan dirasa perlu disosialisasikan demi kemaslahatan bersama, rencananya MUI akan menginisiasi adanya Fiqih Media Sosial sebagai bentuk keresahan masyarakat akan derasnya arus media yang terindikasi membawa pengaruh negatif bagi masyarakat.

“Insya Allah, MUI selaku wadah yang menampung aspirasi umat Islam akan merancang produk hukum berupa fiqih media sosial yang nantinya mudah mudahan akan membentuk pola pikir dan gerakan masyarakat yang arif dan bijak dalam menyikapi pemberitaan sekaligus membentuk masyarakat yang tawassuth baik dalam pola pikir maupun positioning gerakan dalam kehidupan sehari hari.” ucap KH. Ma’ruf Amin ketika memberikan arahan.

“MUI berharap masyarakat dapat lebih bijak menggunakan sosial agar bisa menjauhi tindakan yang buruk seperti penyebaran berita palsu (hoax) yang berujung kepada fitnah” tandas KH. Ma’ruf Amin.

Sebagai tindak lanjut, akan segera dibentuk asosiasi Jurnalis Media Islam dibawah arahan MUI yang rencananya dalam waktu dekat akan diadakan pertemuan guna membahas beberapa poin penting kembali untuk masa depan media Islam yang lebih baik dan informatif.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *