Home > News > Kuliah ke Luar Negeri, Santri Majukan Kearifan Lokal

Kuliah ke Luar Negeri, Santri Majukan Kearifan Lokal

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA—Sebanyak 17 santri terpilih diberangkatkan untuk menjalani studi diploma teknologi pertanian ke Thailand. Mereka didorong untuk bisa mengembangkan kearifan lokal.

“Mereka para santri yang berasal dari pesantren di wilayah dengan basis pertanian,” kata Direktur Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah Kementerian Agama (Kemenag) Ace Saifuddin, Rabu (10/9).

Para santri terdiri dari berbagai pesantren yang ada di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung dan Batam. Para santri, kata dia, akan dikirim ke enam perguruan tinggi di Thailand. Setelah lulus, mereka akan diarahkan untuk mengembangkan potensi pertanian di daerahnya pesantrennya masing-masing.

“Potensi desa harus dikembangkan, dan semuanya harus dipelopori para santri,” ujarnya.

Ace menambahkan, Thailand dipilih karena memiliki konsep dan penerapan teknologi pertanian yang teruji. Selama ini, kata dia, Kemenag telah banyak mengirimkan para santri terpilih ke berbagai negara seperti Australia dan Inggris.

Selain untuk memperkaya pengetahuan di bidang teknologi dan ilmu terapan, para santri yang dikirim ke luar negeri akan menjadi duta-duta yang bertugas mempromosikan ajaran pesantren yang mengusung konsep rahmatan lil alamin.

Sumber : Republika