Home > Mataair TV > Kemenristek Dikti: Medukung Pertumbuhan Ekonomi Menjadi Tema Hardiknas 2017

Kemenristek Dikti: Medukung Pertumbuhan Ekonomi Menjadi Tema Hardiknas 2017

Mataair.tv, Jakarta—“Peningkatan Relevansi Pendidikan Tinggi untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi” menjadi tema Hari Pendidikan Nasional Kemenristek Dikti, Rabo (02/05)

Melalui pidatonya Kemenristek Dikti menyampaikan bahwa pendidikan harus mampu menjawab kebutuhan ekonomi saat ini.

“Dengan kata lain perguruan tinggi lebih dapat memerankan dirinya sebagai agent of economic development disamping agent of education dan agent research and development” Tuturnya dalam pidato kenegaraannya.

Menurutnya peningkatan relevansi pendidikan tinggi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dapat dilakukan dengan beberapa cara. Pertama dalam bidang pendidikan, perguruan tinggi harus mampu menghasilkan ulusan yang mampu menjawab tuntutan kerja. Menurutnya hal ini telah menjadi kritian lama dari bidang industri bahwa perguruan tinggi belum mapu menjawab kebutuhannya.

Kedua, dalam bidang penelitian, peningkatan relevansi pendidikan tinggi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dapatdilakukan dengan hilirisasi penelitian.

“Penelitian tidak boleh berhenti hanya sampai pada publikasi, mendapatkan paten dan penerimaan prototype. Harus dilanjutkan hingga mencapai Technology readiness level (TRL) 9 kemudian dierjasamakan dengan indurtri agar dapat diproduksi dan dipasaran secara masal”

Ketiga, berkaitan dengan relevansi tersebut adalah bentuk pengabdian masyarakat. Hal ini dapat dilaukan dengan turut menyelesaikan permasalahan riil yang dihadapi masyarakat. Hal itu tentu membutuhkan kerjasama dengan sektor industri. Oleh karenanya perguruan tinggi harus mampu menunjukan terlebih dahulu dalam menyelesaikan permasalahan tersebut atau memantaskan diri terlebih dulu.(bib)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *