Home > News > Kamu Tahu Gak, 7 Hal Ini Ternyata Bikin Bule Iri Berat Sama Orang Indonesia?

Kamu Tahu Gak, 7 Hal Ini Ternyata Bikin Bule Iri Berat Sama Orang Indonesia?

“Apakah kamu bangga jadi orang Indonesia?”

Sebagian dari kamu bisa jadi akan menjawab ‘tidak’ untuk pertanyaan ini. Ada segudang alasan mengapa orang Indonesia gak bangga jadi bagian dari negaranya sendiri. Baik itu karena masalah korupsi, lambatnya pembangunan, atau bisa jadi karena kesenjangan ekonomi. Tentu masalah-masalah tersebut menjadi alasan wajar yang membuat sebagian orang tak bangga jadi warga Indonesia. Namun sebetulnya ada banyak hal yang patut dibanggakan dari negara ini. Apa saja sih hal itu? Yuk lihat jawabannya di sini!

1. Alam Indonesia yang luar biasa cantiknya, mulai dari Sabang hingga Merauke

Salah satu alasan mengapa banyak orang asing jatuh cinta dengan Indonesia ialah karena keindahan alamnya. Rasanya, tiap jejak di negara ini memiliki spot andalan yang menarik untuk ditelusuri. Mulai dari eksotisme Pulau Weh di Aceh, kecantikan hutan mangrove di Kalimantan, atau wisata budaya Toraja, semuanya adalah harta berharga yang bikin banyak orang dari negara lain iri. Itulah mengapa banyak orang asing yang pernah berkunjung ke Indonesia, ingin menetap di sini.

2. Makanan di negara ini super enak karena rempah-rempah yang kita punya

Tak hanya alamnya saja, kelezatan kuliner Indonesia juga diakui jadi daya tarik yang dipunyai negara ini. Setiap daerah pasti memiliki makanan khas dengan cita rasa luar biasa. Kombinasi rempah dan bumbu asli Indonesia membuat makanan di negara jadi enak banget. Karenanya, tidak sedikit orang asing ketagihan dengan aneka kuliner asli Indonesia.

Untuk dapat mengenal kekayaan kuliner asli Indonesia secara lebih dalam kamu dapat mengunjungi portal Indonesia Kaya. Di portal ini pembaca dapat mengenal berbagai kekayaan Indonesia mulai dari kesenian, tradisi, hingga kulinernya. Dalam setiap tulisan mengenai kuliner, portal tersebut akan membahas mengenai rasa makanan hingga sejarah singkatnya. Jadi pembaca tidak hanya mengenal makanan khas Indonesia tapi juga memahami sekilas mengenai sejarah makanan tersebut.

3. Beragamnya warisan budaya di Indonesia

Alasan ketiga yang bikin kita harus bangga dengan negara ini ialah kekayaan budayanya. Baik itu lagu daerah, tarian, dan kesenian, semua jadi nilai jual yang bikin Indonesia dipandang oleh negara lain. Salah satu contoh yang membanggakan adalah batik, kerajinan tangan di atas kain yang sudah dikenal luas di mancanegara. Secara etimologi, nama batik berasal dari bahasa Jawa, tik, yang berarti titik/matik atau bisa disebut membuat titik. Sesuai dengan namanya, kain ini dibuat dengan menggambar pola titik yang kemudian dihubungkan. Terdengar sederhana? Jangan salah, proses pembuatannya tidak mudah, lho!

Pertama-tama, kain yang akan dibatik memasuki proses diketel terlebih dahulu, yakni menghilangkan bahan kanji pada kain. Setelah kandungan kanji hilang, pembatik akan mulai membuat pola berupa titik-titik. Dalam dunia membatik, tahap ini dikenal dengan istilah ngelengreng. Setelah pola selesai dibuat, langkah selanjutnya ialah memanaskan lilin (malem) di atas kompor. Pola titik-titik yang telah dibuat akan dihubungkan menggunakan canting, alat khusus untuk membatik yang akan diisi dengan lelehan lilin.

Jika seluruh titik pada kain telah membentuk gambar yang diinginkan, maka batik memasuki proses lanjutan yaitu pewarnaan. Kain tersebut akan dicelupkan dalam pewarna berulang kali, agar warna dapat menempel kuat. Barulah setelah itu, kain akan ditiriskan lalu didiamkan untuk menunggu warna meresap. Langkah terakhir yang harus dilakukan ialah nglorod, yaitu merebus kain batik dalam air bersuhu 100 derajat celcius. Hal ini ditujukan untuk menghilangkan lilin (malem) yang menempel pada kain. Terakhir cuci batik untuk menghilangkan lilin yang masih tersisa, lalu keringkan dengan cara diangin-anginkan.

Wah, dengan proses yang sedemikian kompleks, gak salah deh jika kain batik selalu diincar di mana-mana. Sebagai pewaris kekayaan tersebut, kita pun harus bangga dengan keindahan batik. Jagalah agar terus tetap lestari!

Salah satu cara paling mudah mengapresiasi batik adalah dengan membelinya dari tangan para pengrajin dan memakainya dalam keseharian kamu. Saking berharganya batik, kita pun mempunyai Hari Batik Nasional, yakni hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO. Oleh sebab itu, setiap 2 Oktober, mari ramai-ramai kita gunakan batik dengan bangga!

4. Biaya hidup di negara ini terbilang cukup terjangkau

Hal lainnya yang juga membuat orang asing tertarik tinggal di sini adalah soal biaya hidup. Perlu/ diketahui bahwa di Indonesia biaya hidup yang dibutuhkan terbilang cukup terjangkau. Dibandingkan beberapa negara seperti Singapura, Jepang, atau Korea, biaya hidup di Indonesia bisa dikatakan cukup rendah. Mungkin, itulah alasannya banyak orang asing memutuskan untuk menetap di Indonesia.

5. Suhu yang selalu hangat

Kalau kamu sering mengeluh soal panasnya Indonesia, hal yang berbeda justru dirasakan oleh orang asing. Mereka iri banget tuh dengan suhu di negera kita yang relatif hangat sepanjang tahun. Apalagi untuk orang-orang Eropa yang negaranya super dingin; tinggal di Indonesia dengan curah matahari yang tinggi terasa begitu menyenangkan untuk mereka. Gak heran kalau turis asing rela datang jauh-jauh ke sini, supaya bisa menikmati berjemur di pantai dan menikmati cuaca hangat.

6. Keramahan dan budaya saling membantu yang ada di negara ini

Poin yang ini mungkin sudah sering kamu dengar. Ya, keramahan orang lokal juga jadi salah satu alasan mengapa orang asing kerap iri dengan kehidupan di Indonesia. Di mata mereka, cara hidup kita terlihat begitu hangat dan menyenangkan. Melempar senyum pada orang asing dan membantu tetangga di dekat rumah adalah cara hidup yang menarik untuk meraka.

7. Bicara soal budaya, Indonesia punya semuanya!

Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kemajemukan agama, suku, ras, dan juga bahasa. Ada ratusan suku, juga ribuan bahasa yang membuat orang Indonesia berbeda antara satu dengan yang lainnya. Setiap daerah selalu memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing. Itulah sebabnya, negara kita sering jadi tempat tujuan orang asing yang ingin belajar mengenai keanekaragaman budaya. Bangga banget ‘kan, jadi orang Indonesia?

Supaya kamu tahu lebih dalam mengenai kekayaan Indonesia yang bikin bangga, kunjungi Indonesia Kaya di sini. Di portal tersebut kamu dapat menjelajah Indonesia mulai dari kuliner, kesenian, bahkan pariwisata. Kamu juga bisa datang ke Galeri Indonesia Kaya di Grand Indonesia, West Mall lantai 8. Di sana terdapat berbagai event seru, seperti pementasan musik, pemutaran film, diskusi budaya, juga seminar dan workshop gratis. Asyik kan?

Sumber: IDNTimes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *