Home > News > Jerman Perbaharui Biaya Kuliah

Jerman Perbaharui Biaya Kuliah

Jakarta, MataAir.tv-Biaya kuliah di Jerman, tepatnya di negara bagian Baden-Württemberg akan diperbarui. Rencana tersebut disampaikan oleh Menteri Pendidikan Tinggi Theresia Bauer untuk para mahasiswa internasional di tahun ajaran 2017-2018.

Menurut Bauer, pembaharuan biaya kuliah akan dipatok sebesar 1.500 euro atau USD1.600 setiap semester. Hal ini untuk mengisi kesenjangan dana sekira 48 juta euro tahun depan.
“Saya terkejut dengan rencana menteri untuk memperbarui biaya kuliah,” ucap Ketua World University Service Germany, Kambiz Ghawami, dilansir dari Universityworldnews, Minggu (20/11/2016).
Padahal, saat ini di wilayah Baden-Württemberg terdapat 15 persen mahasiswa internasional yang meraih hibah pendidikan. Mereka harus kerja paruh waktu untuk memenuhi pembiayaan sehari-hari. Sehingga, dengan adanya pembaruan biaya kuliah, justru menambah kendala keuangan untuk mahasiswa dari negara-negara berkembang tersebut.

Ghawami juga menyebut, biaya kuliah gratis merupakan salah satu faktor yang membuat mahasiswa internasional tertarik kuliah di Jerman. Mereka juga berpotensi untuk menjadi tenaga kerja handal di Jerman.

“Selain itu mereka juga akan menjadi duta bagi Jerman di negara asalnya,” tandasnya.

Sumber: Okezone Kampus