Home > Publication > Opinion > Edisi Curhatan Anak Magang: Gimana Sih Rasanya Kuliah Sambil Kerja??

Edisi Curhatan Anak Magang: Gimana Sih Rasanya Kuliah Sambil Kerja??

oleh: Debby Fransisca

Gimana sih rasanya kuliah sambil kerja? Yang pasti capek. Banyak yang bertanya “kenapa sih kuliah sambil kerja? kenapa gak fokus kuliah dulu aja?” atau “Kenapa harus kuliah kalau udah kerja?”. Jawabannya adalah karena skala prioritas orang beda-beda, ada yang lebih memprioritaskan pekerjaan, ada yang memprioritaskan kuliah, ada juga yang memprioritaskan dua-duanya.

Seperti saya ini yang memprioritaskan waktu luang buat curhat (mumpung lagi gak dikasih tugas sama mentor magang). Hehehe…

Hmmm… kalo ditanya gimana rasanya kuliah sambil kerja ya pokona mah loba pisan euy (Red: keceplosan bahasa sundanya keluar, hehe…), capek, nguras waktu, seneng pas gajian walaupun cuma lewat (Red: Dipake buat bayaran kuliah), seneng dapet temen baru, excited di awal perkuliahan dan ngantuk di akhir jam kuliah (jangan ditiru yaaa) hehe… pokonya banyak deh rasanya (sejuta rasanya sist…) yang pasti ada suka maupun duka.

APA SIH SUKA DUKA-nya KULIAH SAMBIL KERJA?

#SUKA

  1. Bisa Bayar Kuliah Sendiri

Bayar kuliah sendiri itu selain gak ngerepotin orangtua juga menimbulkan rasa kebanggaan tersendiri (Bukannya sombong ya guys), tapi bukan berarti kita gak butuh bantuan orang lain karna manusia itu makhluk social yang hidupnya juga bergantung pada makhluk lain dan semandiri apapun kita pasti butuh bantuan setidaknya minimal bantuan orangtua, karena gak mungkin kita melakukan semuanya sendiri, tapi selama bisa mengerjakannya sendiri kenapa tidak? (jangan manja ya guys… hehe)

       2. Menghargai Kuliah jadi Gak Keseringan BOLOS

Gaji pas-pasan, abis cuma buat bayar kuliah, pasti kalo kayak gini kamu akan menghargai yang namanya kuliah dan sebisa mungkin kamu akan menghindari bolos, karena kamu sendiri tau gimana capeknya nyari duit dari pagi hingga malem sampai-sampai gak ada waktu libur sehari pun dalam seminggu. (Iyalah sayang banget capek-capek kerja buat kuliah eh kuliahnya malah bolos… hahaha)

       3. Gak Perlu Repot Nyari tempat Magang

Kalo udah kerja kan gak perlu repot-repot nyari tempat magang, tinggal ngajuin proposalnya ke dosen trus di acc (beres kan?). Tapi jangan seperti saya, kuliah jurusan Broadcasting kerja sebagai blogger di perusahaan travel, alhasil setelah 2 tahun menjalin hubungan dengan perusahaan travel saya harus pergi untuk mencari yang lain (eh apasih udah kaya pacaran aja…wkwk), maksudnya nyari tempat magang yang sesuai walaupun banyak temen-temen yang tanya “gak sayang sama kerjaan? padahal itu perusahaan bagus loh” dan saya cuma bisa berkata “Rizki udah ada yang ngatur, yakin sama Allah, insyaallah diganti yang lebih baik” harus tegar didepan temen-temen padahal dalam hati “Ya Allah kuatkan aku, yakinkan hatiku, hilngkan kegalauan ini” (sambil adegan nangis didalam hati, hehe #lebay). Dan akhirnya keputusan resign pun diambil, Alhamdulillah magang pun lancar sampe detik ini, semoga setelah ini bisa dapat kerjaan yang lebih baik dan berkah. Amiiiin….

     4.Ilmu yang diperoleh dari kuliah bisa diaplikasikan langsung di tempat kerja (begitupun sebaliknya)

Buat kalian yang kuliahnya satu jalur sama kerjaan, ilmu yang diperoleh dikampus bisa kamu aplikasikan di tempat kerja sehingga skil kamu akan tambah baik, begitupun sebaliknya ilmu yang kamu peroleh dari tempat kerja bisa memperlancar kuliahmu.

     5. Pahit di awal, manis di akhir

Meskipun kuliah sambil kerja awalnya sangat berat, yakinlah pasti ada akhir yang manis. Nikmati saja prosesnya, dengan usaha dan kerja keras dan senantiasa berdoa Insyaallah semua berjalan dengan lancar dan akhirnya kamu akan meraih apa yang kamu impikan (optimis ya guys…).

#DUKA

  1. Harus pinter ngatur waktu

Why? Karena kalo kamu gak pinter ngatur waktu, kamu pasti akan keteteran. Entah tugas kampus ataupun kantor pasti ada yang terbengkalai jadi kamu harus bener-bener bisa ngatur waktu kamu semaksimal mungkin, tapi jangan sampe karna terlalu sibuk kamu lupa istirahat, istirahat itu penting looooh sama pentingnya kaya Ibadah alias wajib.

  1. Selain waktu, kamu juga harus pinter ngatur uang

Yup, kalo diatas waktu adalah segalanya tapi disini uang yang segalanya. Kenapa? Karena buat kamu yang kerja benar-benar buat modal kuliah, kamu harus bisa mengatur keuangan dengan benar. Mana yang kamu prioritaskan dan mana tidak terlalu kamu prioritaskan (Intinya jangan foya-foya guys…hehe).

  1.  Perbanyak SABAR

Bukan biar badan lebar karna kurus kecapean kerja dan kuliah, tapi karna memiliki dua profesi sekaligus itu perlu kesabaran yang extra. Selain harus menjaga emosi kita juga harus jaga hati dan logika (Biar hatinya gak disakiti, Eh apasih…ahahaha). Biasanya kalo lagi ada masalah di kerjaan ditambah masalah dikampus, kalo itu terjadi kamu harus siap-siap, mood kamu bakal berantakan seharian dan kalo itu terjadi devil di atas kepala akan mengajak kamu untuk tidak melakukan apapun alias males-malesan (jangan sampe kejadian ya guys), dan untuk mengatasi itu biasanya sih kalo saya lebih milih tidur sebentar kalau gak dengerin music biar mood balik lagi.

Gak terasa udah sore, sekian dulu ya guys curhatan gak penting saya hari ini… Semoga besok-besok curhatnya bisa yang lebih berkualitas lagi. Hehehe….

*Mahasiswi Program Internship MataAir Foundation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *