Home > News > Dua Pilihan Atasi Salah Jurusan Kuliah

Dua Pilihan Atasi Salah Jurusan Kuliah

JAKARTA – Salah jurusan kuliah menjadi masalah klasik yang dirasakan oleh sebagian mahasiswa. Dampak salah jurusan pun beragam, dari mulai stres sampai tidak mampu menyelesaikan studi. Lantas apa yang harus dilakukan saat kamu merasa salah jurusan?

Psikolog Tika Bisono menyebut, salah jurusan diakibatkan lantaran pilihan tak sesuai dengan keinginan. Salah satunya, pengaruh keinginan orangtua sehingga sang anak dipaksa masuk jurusan tertentu.

“Anak itu kalau sudah merasa salah jurusan, pilihannya hanya dua,” ujarnya saat berbincang di Kantor Redaksi Okezone, baru-baru ini.

Kedua pilihan itu, pertama yakni pindah atau transfer ke jurusan pilihan yang sesuai keinginan. Menurut Tika, mengambil keputusan ini artinya anak tersebut sudah siap dengan konsekuensi yang akan dihadapinya.

“Pilihan kedua tetap menjalani dengan motivasi untuk membahagiakan orangtua. Ini semua pilihan mahasiswa yang bersangkutan,” tuturnya.

Untuk menghilangkan stres lantaran salah jurusan, Tika mengungkapkan mahasiswa bisa mengubah pola pikirnya. Hal tersebut bisa membuat mahasiswa tersebut lebih tenang.

“Jadi bisa tunggu dulu, jalanin kuliahnya. Tetapi nanti kan dia bisa cari kerja sesuai dengan keinginannya. Jadi pola pikir dibelokkan supaya tidak stres terhadap pilihan yang bukan keinginannya,” pungkasnya. (sus)

Sumber: Okezone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *