Home > News > BPUN Sorong: Butuh Pendekatan Khusus Kampanyekan Pendidikan di Daerah Pedalaman

BPUN Sorong: Butuh Pendekatan Khusus Kampanyekan Pendidikan di Daerah Pedalaman

Foto abdul Wahab/muslimmedianews.com

Mataair.tvSorong—Tantangan yang berat itu dirasakan sendiri oleh Muchlis Al Taran saat mensosialisasikan program Bimbingan Belajar Pasca Ujian Nasional ke daerah pedalaman. Pendekatan khusus mutlak diperlukan untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya pendidikan.

“Waktu itu saya coba berkomunikasi dengan warga dan anak-anak di daerah pedalaman Kokoda, tapi sayangnya tanggapannya negatif sekali, mereka belum mementingkan pendidikan” tuturnya Muklis saat diwawancara mataair.tv Selasa (04/18)

Masyarakat yang mayoritas berpencaharian nelayan di daerah tersebut masih berfikir lebih penting menangkap ikan di laut dari pada sekolah.

“Jadi waktu saya coba sosialisasi kesana (Kokoda), pagi-pagi waktu itu, mereka baru saja pulang menangkap ikan. Mereka bilang “Buat apa itu sekolah, mending cari ikan dijual dapet duit” tambahnya

Perkembangan pendidikan di Kota Sorong sendiri cukup positif denganberdirinya 4 kampus besar. Hal itu menjadi salah satu pendngkrak masyarakat perkotaan untuk meneruskan pendidikan yang lebih tinggi.

Namun melihat kondisi masyarakat pedalaman yang masih banyak lulusan sekolah dasar dan sekolah menengah menjadi keprihatinan tersendiri. Muklis selaku Manager kota BPUN Sorong memiliki optimisme yang tinggi untuk merubah pola pikir masyarakat di pedalaman dengan pendekatan-pendekatan khusus.

“Saya akan coba dengan mendekati kepala suku untuk membantu berkomunikasi dengan warga dalam mensosialisasikan pentingnya pendidikan” (bib)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *