Home > News > Benarkah Hari Ini Ulang Tahun ‘Mbah’ Google?

Benarkah Hari Ini Ulang Tahun ‘Mbah’ Google?

 Pemandangan unik dibuat oleh Google sendiri melalui animasi doodle mereka. Ya, pada 27 September 2016 ini, Google membuat doodle terkait perayaan ulang tahun. Ulang tahun siapa? Ternyata milik Google sendiri. Namun, apakah Google benar-benar ulang tahun hari ini?

Seperti dikutip dari Independent, tidak ada yang mengetahui kapan ulang tahun raksasa internet ini. Bahkan, sang Google sendiri tampaknya bimbang dalam merayakan hari jadinya. Dari tahun-tahun sebelumnya, Google merayakan ulang tahun ditanggal yang berbeda. Selain itu, spekulasi terhadap perayaannya pun berbeda-beda.

Domain Google.com sendiri pertama kali teregistrasi pada 15 September 1997. Akan tetapi, jika benar-benar merayakan tanggal registrasi ini, harusnya Google berusia 19 tahun. Meski begitu, dalam Doodle kali ini, Google merayakan ulang tahun ke-18.

Google dan tanggal ulang tahun yang berganti-ganti.

Nah, apabila dikatakan Google merayakan ulang tahun ke-18, maka bisa dikaitkan dengan investasi pertama yang masuk ke perusahaan. 100.000 Dollar Amerika masuk kas Google pada Agustus 1998. Pada 4 September 1998, Google pun menjadi sebuah perusahaan utuh dengan gedung dan akun bank atas nama mereka sendiri.

September menjadi bulan yang ‘mewah’ bagi Google karena banyak hal luar biasa yang terjadi. Pada bulan kesembilan ini juga mereka memulai pekerjaan di garasi, memiliki pegawai pertama mereka sampai meraih angka-angka fantastis.

fast-65d18a48764ea7f3d1d6dc2c45d1874d.jpg

Dari situlah bulan September jadi trademark Google sendiri. Dari tahun ke tahun bulan September jadi waktu perayaan bagi mereka. Tanggal tujuh, delapan, 26 dan 27 September jadi empat angka selebrasi mereka. Tahun ini, 27 September dipilih dan hal serupa juga terjadi pada 2004, 2006 sampai 2015 silam.

Sumber: IDNTimes