Home > News > Azhari Ayu W Berbagi Tips Menghadapi SBMPTN

Azhari Ayu W Berbagi Tips Menghadapi SBMPTN

Oleh : Azhari Ayu W.

Mataair.tv– Sudah bukan rahasia lagi kalau SBMPTN itu tidak mudah ditaklukan. Olehkarenanya butuh strategi dan taktik dalam menyapkan tes yang satu ini. Peserta BPUN Pati, Azhari Ayu W, berbagi tips buat kalian untu menghadapi SBMPTN kali ini. simak dibawah ini

Niat yang kuat

“Innamal a’mala bin niyat”. Sesungguhnya setiap amal tergantung pada niatnya. Dalam hati kita, tatalah niat dengan baik. Lillahi ta’ala. Niat inilah yang seharusnya ada dalam hati. Ketika kita meniatkan sesuatu karena Allah, maka kita mempunyai makna yang lebih. Semangat akan terbentuk ketika niat yang kuat juga tertanam. Bahkan dengan meniatkan karena Allah, lelah-lelah kita bisa menjadi nikmat.

Mantabkan pilihan, jangan sampai salah jurusan.

Untuk memilih jurusan, kita perlu tahu apa passion kita. Atau dengan makna lain, setidaknya kita tahu apa yang kita sukai dan kita butuhkan. Dengan contoh : kita menyukai hal yang berbau speaking, bersosialisasi dengan banyak orang, mengenal orang-orang baru, maka bisa diputuskan untuk mengambil prodi di fakultas FISPOL. Setelah mengenal dan mengetahui, mempersempit prodi-prodi di FISPOL dan mencoba untuk mengurainya, mempermudah untuk memilih jurusan. Tahap akhir kita harus memantabkan hati dan bertekad untuk memperjuangkannya.

Restu orangtua

Setelah pilihan dari kita sendiri, konsultasi dengan orang tua juga perlu. Orang tua tahu apa yang baik buat kita. Senantiasa kita akan diarahkan untuk menuju ke tujuan yang terbaik. Mungkin ada beberapa anak yang menganggap orangtua terlalu memaksa jurusan kita. Dari sinilah, musyawarah dengan orang tua diperlukan. Sebisa mungkin kita menyelesaikan masalah ini dengan cara yang baik juga agar pilihan kita diri diridhoi oleh orang tua. Jika orang tua meridhoi, maka Allah pun meridhoi kita.

Usaha dengan giat

Belajar cerdas bukan belajar keras. Artinya, kita perlu tahu apa fokus dari belajar kita. Cerdas dalam mengelola waktu belajar, teknik apa yang membuat kita nyaman dan bagaimana caranya kita menguasai pelajaran pelajaran tersebut. Banyaknya materi di tes SBMPTN, tidak menjadi penghalang kita untuk malas belajar. Mungkin kita merasa kurang dalam penguasaan materi, sedangkan yang lain lebih pandai dari kita, maka kita perlu belajar dua sampai tiga kali lebih giat. Ketika malas melekat pada tubuh, maka kembalilah ke niat awal yang kita ucapkan dalam hati.

Tingkatkan intensitas ibadah.

Berdoa lebih keras akan membantu meningkatkan semua usaha yang kita lakukan. Semaksimal apapun usaha kita, tanpa diimbangi doa akan terjadi ketimpangan. Beberapa kiat ibadah tambahan yang bisa kita lakukan yaitu, sholat hajat, sholat dhuha, sholat tahajud, dan sholawat nabi. Terkadang ada beberapa orang yang belum terbiasa untuk melakukan ibadah ibadah tersebut. Pertama, kita memang harus memaksa diri sendiri. Dari keterpaksaan itu, kita akan terbiasa. Kedua, istiqamah. Istiqamah dalam beribadah akan memberi kita nilai plus. Kita mungkin merasa biasa-biasa saja dalam hal akademik, maka ibadah ibadah kita yang akan mendongkrak sisi baik lain dari diri kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *