Home > News > Al Azhar Kelapa Gading Kembangkan Program Jurnalistik Sekolah

Al Azhar Kelapa Gading Kembangkan Program Jurnalistik Sekolah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  — Pihak sekolah Al Azhar Kelapa Gading mengembangkan program jurnalistik bagi kalangan siswa SD, SMP, dan SMA. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa dan keterampilan jurnalistik.

Menurut salah seorang guru Al Azhar Kelapa Gading, Teguh Dwijatmoko, untuk mencapai tujuan itu, salah satu yang dilakukan oleh pihak sekolah adalah memberikan pelatihan jurnalistik bagi siswa. Di antaranya menghadirkan wartawan media massa nasional, Republika, menjadi narasumber dalam pelatihan.

“Kita menghadirkan salah seorang redaktur Republika sebagai pemateri.Tujuannya agar pemateri memotivasi siswa untuk menulis dan memberikan pelatihan jurnalistik,” kata Teguh usai acara Pelatihan Jurnalistik Al Azhar Kelapa Gading di Gedung Pusat Kajian Alquran Al Azhar Kelapa Gading, Jakartsa, Sabtu (19/3).

Usai pelatihan, lanjut Teguh yang juga ketua panitia pelatihan jurnalistik itu, siswa sekolah akan membuat organisasi wartawan siswa untuk setiap tingkatan. Siswa dipilih menjadi anggotanya bertugas menjadi wartawan siswa sekaligus koordinator untuk menggerakan teman-temannya menulis. “Tidak hanya tulisan jurnalistik, tapi juga sastra, puisi, cerpen, dan lainnya,” kata Teguh.

Tidak hanya siswa, guru-guru juga mengikuti pelatihan jurnalistik ini. Menurut Teguh, banyak guru yang memiliki ide-ide dalam dunia pendidikan. Namun, ide tersebut jarang dituangkan dalam sebuah tulisan.

Karena itu, pelatihan jurnalistik ini diharapkan bisa memacu siswa dan guru untuk menyalurkan bakat dan potensinya dalam sebuah tulisan. Pihak Al Azhar Kelapa Gading sendiri saat ini sudah memiliki majalah sekolah yang bernama MASA. “Jadi, nanti siswa dan guru bisa mengirimkan tulisannya di majalah MASA,” kata Teguh. (Muhammad Hafil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *