Home > News > 10 Tempat Wisata Di Pulau Jawa Untuk Traveler Pemula

10 Tempat Wisata Di Pulau Jawa Untuk Traveler Pemula

Indonesia, sebuah negara yang terletak di garis khatulistiwa, negara yang mempunyai sumber daya alam yang sangat banyak, negara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia, dan negara yang mempunyai keberagaman budaya serta bahasa. Selagi kita masih muda, sayang sekali kalo kita belum mengenal lebih luas betapa indahnya dan beragamnya negeri kita tercinta ini, minimal dimulai dari daerah-daerah atau kota-kota terdekat dulu.

Pulau Jawa, pulau yang diduduki oleh kota-kota besar, namun banyak juga tempat-tempat wisata yang dapat kita kunjungi, nikmati, terawang, dan diraba *salahfokus. Selain banyak tempat menarik untuk ber-selfie, Pulau Jawa pun sudah punya sistem transportasi yang dapat dibilang lebih lengkap dibanding pulau-pulau lainnya jadi mudah untuk mencapai suatu daerah, sinyalnya pun oke untuk update selfie-annya, jadi bisa dibilang Pulau Jawa ini cocok bangeudh lah untuk kakak-kakak yang istilah trendy nya “traveler pemula“.

Nah, kali ini saya bakal memberikan rekomendasi 10 tempat wisata terbaik di Pulau Jawa untuk traveler pemula, rekomendasi ini dibuat berdasarkan pengalaman saya selaku #TravelerPemula juga, da aku mah apa atuh.

1. Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk, Jakarta

 

Hutan Mangrove PIK via http://www.irhamfaridh.com

Jangan kalian fikir Jakarta hanya punya monas dan mall-mall aja loh, ternyata ada tempat wisata alam hutan mangrove di daerah Jakarta Utara, tepatnya di daerah Pantai Indah Kapuk. Untuk mencapai hutan mangrove ini kita tinggal masuk aja ke daerah Pantai Indah Kapuk dan cari petunjuk arah ke “Wisata Alam PIK”.

Di dalam hutan mangrove ini ternyata fasilitasnya super lengkap, WC bersih, ada playground, water attraction, jalan setapak mengelilingi hutan mangrove, dan tentunya sinyal tetap lancar! Harga pun ga terlalu mahal, hanya Rp 25.000/orang dan +dapat minuman segar.

2. Kepulauan Seribu, Jakarta

 

Sekitar 45 km sebelah utara Jakarta terdapat gugusan pulau-pulau yang dinamakan Kepulauan Seribu dengan luas 107.789 ha dan terdiri dari sekitar 150an pulau besar, kecil, berpenghuni, dan tidak berpenghuni. Ada banyak pulau disini yang digunakan sebagai tempat wisata, seperti Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Pramuka, Pulau Ayer, dan masih banyak lagi.

Kegiatan snorkling, island hoping, bahkan water sport pun bisa dilakukan di pulau-pulau ini. Untuk mencapai pulau-pulau tersebut kita bisa berangkat melalui 3 pelabuhan, yaitu Muara Angke, Kali Adem (Muara Angke Baru), dan Marina tinggal disesuaikan dengan budget traveler. Sunsetnya keren-keren, ga kalah dengan sunset di Gili Terawangan

3. Desa Sawarna, Banten

 

Pantai Legon Pari, Sawarna via http://www.irhamfaridh.com

Desa yang terletak sekitar 7 jam dari Jakarta dan 8 jam dari Bandung ini mempunyai potensi alam yang sangat luar biasa. Di dalam satu daerah kita bisa explore gua, sungai, dan laut dengan jarak yang tidak begitu jauh. Penginapan di Desa Sawarna ini pun dekat dengan pemukiman warga, jadi selain menikmati alamnya, kita juga bisa berinteraksi dengan warga lokal dan mengenal kebudayaan lokal.

Untuk mencapai Desa Sawarna ini, traveler bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, bahkan bisa menggunakan kendaraan umum seperti bis dan lanjut menggunakan mikrolet. Untuk yang sukasurfing, disini pun bisa surfing bahkan saya lebih sering liat bule daripada orang lokal yang surfing disini. Desa Sawarna ini selalu bikin saya rindu, maka dari itu Desa Sawarna buat saya sudah menjadi kampung halaman kedua.

4. Pangandaran

 

Pasir Putih, Pangandaran via http://www.irhamfaridh.com

Siapa yang ga pernah dengar Pantai Pangandaran? Kalo kamu belum pernah kesana (khususnya orang Bandung atau Jakarta) berarti kalian kurang piknik. Pantai Pangandaran ini terletak di bagian Selatan Jawa Barat. Lama perjalanan dari Bandung sekitar 6 jam dengan jarak sekitar 200 km.

Pantai Pangandaran ini menurut saya pantai yang paling turisable banget atau sangat memanjakan turis banget, karena semua fasilitas di Pangandaran ini sudah lengkap, hotel ada, restoran ada, cafe ada, pantai di depan, bar ada, internet lancar. Wisata di Pangandaran ini ada banyak pantai, taman suaka margasatwa,water sport, dan jangan lupa Green Canyon yang wajib kalian kunjungi. Keyen!

Pangandaran ini hampir mirip dengan Kuta di Bali, tapi bedanya di Pangandaran tidak seramai Kuta di Bali, kecuali hari liburan, mau berenang aja susah booo, lebih baik ke Pangandaran di saat bukan musim liburan.

5. Dataran Tinggi Dieng

 

Puncak Sikunir, Dieng via http://www.irhamfaridh.com

Cape naik gunung? Pengen liat lautan awan? Gausah cape cape daki gunung, datang aja ke Dataran Tinggi Dieng. Letaknya ada di perbatasan Wonosobo dan Banjarnegara, sekitar 1 jam perjalanan dari Kota Wonosobo. Ketinggian Dieng ini ada di ketinggian 2.600 mdpl, cuaca sejuk menjurus dingin (apalagi malem, selimut aja gacukup bray). Banyak lokasi wisata seperti telaga, kawah, dan sunrise point seperti di Puncak Sikunir (15 menit sampai puncak) dan Puncak Gunung Prau (cuma trekking 2jam sampai puncak).

Di Dieng ini kalian harus coba makanan khasnya yaitu mie ongklok yang enak banget dimakan saat cuaca dingin mmmmmm dan jangan lupa bawa oleh-oleh khas Dieng yaitu buah carica, yang cuma ada di Dieng!

6. Yogyakarta

 

Candi Borobudur via http://www.irhamfaridh.com

Yogyakarta! Kota yang tak sebesar Jakarta ataupun Surabaya tapi punya budaya yang khas, potensi alam yang banyak di sekitarnya, warganya yang ramah, dan tentu harganya yang murah! Woohoo! Selain wisata di tengah kota seperti Keraton Yogyakarta, Taman Sari, dan Alun-alun Selatan, banyak wisata yang spektakuler di sekitar Yogyakarta sebut saja Gunung Kidul yang punya banyak gua dan deretan pantai cantik.

Pantai Parangtritis yang terkenal dengan mistisnya, Kulon Progo yang terdapat waduk yang terkenal buat poto itu loh, dan daerah Magelang dan Kaliurang yang terdapat banyak Candi, termasuk Candi Borobudur dan terdapat juga wisata Gunung Merapi. Untuk mencapai Yogyakarta banyak kereta berbagai kelas dari setiap kota di Jawa, bahkan saya dulu ke Yogyakarta cuma mengocek harga Rp 100.000 PP.

7. Karimun Jawa

 

Tanjung Gelam (biar nampang sedikit hihi) via http://www.irhamfaridh.com

Karimun Jawa, kepulauan yang sudah menjadi Taman Nasional, 2 jam perjalanan menggunakan kapal cepat dari Pelabuhan Kartini, Jepara. Karimun Jawa ini terdapat gugusan pulau-pulau cantik, ada yang berpenghuni dan tidak berpenghuni. Kebanyakan orang berpenghuni di Pulau Karimun Jawa, pulau ini pun dipakai wisatawan untuk menginap selama meng-explore kepulauan Karimun Jawa.

Untuk meng-explore semua pulau sekitar, kita butuh menyewa kapal yang lebih murah kalo kita sharedengan orang lain. Biasanya terdapat paket explore 2 hari mengelilingi sisi barat dan timur Pulau Karimun Jawa seperti Tanjung Gelam, Cemara Besar, Cemara Kecil, Pulau Menjangan dan Pulau Gosong.

Penginapan disini ada yang berbentuk homestay, hotel, bahkan hotel bintang 5 pun ada tapi jarang. Untuk yang kulitnya gamau hitam disarankan jangan kesini, hitamnya permanen 2 bulan booo! Tapi banyak spot-spot cantik buat selfie, mirip-mirip di Maldives lahhh.

8. Batu, Malang

 

Batu Night Spectacular via http://www.irhamfaridh.com

Kabupaten yang terletak 1 jam perjalanan dari Malang ini merupakan lokasi wisata yang bisa dibilang baru karena wisata-wisata di Batu ini baru nge-hits setelah munculnya Jatim Park dan Batu Night Spectacular. Cuaca disini sangat cocok untuk berjalan-jalan unyu karena cuacanya yang sejuk dan udara yang segar.

Banyak penginapan-penginapan berbentuk homestay di sekitar tempat wisata dan lainnya jadi jangan khawatir ga dapet tempat untuk stay disana. Untuk menuju Batu bisa melalui Kediri lalu menggunakan bus atau melalui Malang lalu bisa naik taksi ataupun angkot. Itenerary paling pas di Batu yaitu siangnya meng-explore Jatim Park dan malamnya mengunjungi Batu Night Spectacular karena banyak lampion-lampion disini, sungguh romantic!

9. Surabaya

 

Monumen Kapal Selam via http://www.irhamfaridh.com

Kota Surabaya ini secara umum hampir mirip dengan Kota Jakarta. Banyak gedung-gedung tinggi dan mall-mall khas kota metropolitan. Tapi banyak juga tempat-tempat wisata yang dapat dikunjungi disini seperti Jembatan Suramadu, Monumen Kapal Selam, Taman Bungkul, dan masih banyak lagi.

Untuk menuju Surabaya banyak transportasi yang bisa digunakan, kereta, bis, dan pesawat juga bisa. Untuk penginapan banyak sekali hotel dan homestay bahkan hostel di sekitaran daerah Gubeng, karena lokasi yang strategis di tengah kota dan dekat dengan beberapa wisata di sekitar sana.

Untuk meng-explore Surabaya kita bisa menyewa sepeda motor karena bisa lebih fleksibel dan terhindar dari macet.

10. Bandung

 

Tangkuban Perahu via http://www.irhamfaridh.com

Bandung! My lovely city! Pernah dengar kalo Bandung diciptakan saat Tuhan sedang tersenyum? Bandung dianugrahi alam yang luar biasa, banyak lokasi wisata di sekitar Bandung yang dapat memanjakan mata kita untuk bisa me-refresh otak. Di selatan ada wisata Pangalengan dan Ciwidey seperti Kawah Putih dan Situ Patengan, di utara ada wisata Lembang ada Tangkuban Perahu, Ciater, dan masih banyak lagi.

Sekarang, dengan wali kota yang luar biasa, Kang Emil, di sekitar Kota Bandung pun kita bisa berwisata, seperti ke Alun-alun Kota Bandung yang sudah berpoles, Jalan Braga, dan wisata belanja di Dago ataupun di Riau. Kota Bandung ini terkenal juga dengan makanannya, cobain deh walaupun makanan di pinggir jalan, dijamin ga kalah dengan makanan resto atau cafe.

Sumber: Hipwee