Home > Publication > Opinion > Mengenal Lebih Dekat Seputar Video Editing

Mengenal Lebih Dekat Seputar Video Editing

oleh: Rofi Satriya*

Pada era digital seperti saat ini tentunya perkembangan dunia digital sangatlah cepat terlebih pada bidang media baik foto maupun video. Mungkin bagi kebanyakan orang awam masih belum mengenal secara detail tentang video editing dan bahkan belum pernah mendengar istilah tersebut. Pada dasarnya terdapat dua tahapan utama yang harus diperhatikan dalam pembuatan suatu video sebelum video tersebut siap untuk ditayangkan. Tahap pertama yang mesti dilakukan adalah tahap perekaman video yang biasa dilakukan oleh seorang cameraman, pada proses ini hasilnya akan menciptakan sebuah rekaman video yang mentah yaitu bisa berupa footage-footage yang belum rapih dalam penyusunanya. Tahap yang kedua setelah pengambilan gambar adalah tahap editing yang biasa dilakukan oleh seorang atau lebih video editor.

Pengertian dari video editing itu sendiri adalah proses penyeleksian, penambahan teks dan judul, variasi, transisi, effect, lagu, sound effect, narasi, dan merubah tampilan warna. Tujuan dari proses editing adalah membuat suatu rekaman video mentah menjadi suatu tampilan video yang menarik dan tentunya enak untuk dilihat. Pada proses video editing ini kita dapat memilih bagian mana saja yang menurut kita pantas dan kualitas gambarnya yang paling pas serta yang kita inginkan dan membuang bagian-bagian video yang tidak kita butuhkan seperti video yang buram, tidak fokus, terlalu goyang dll. Pada video editing pun kita dapat memperbaiki hasil rekaman video yang mempunyai cahaya yang terlalu gelap maupun terlalu terang, ataupun warnanya yang terlalu kuning/merah/biru. Selain itu dalam proses video editing kita dapat menggabungkan antara foto, video, teks, suara dll.

Dalam video editing pun kita juga dapat membuat sebuah slide show atau yang biasa dikenal dengan tampilan foto yang digerakkan serta di video editing kita juga dapat mengambil audio dari sebuah video. Untuk menjadi seorang editor yang handal diperlukan juga kreatifitas yang baik guna dapat menciptakan hasil video yang memang enak dilihat dan dapat menarik emosional sang penonton, baik emosi senang, sedih, kecewa, depresi dll.

*Mahasiswa Multimedia Universitas Negeri Jakarta

Peserta Internship Media MataAir Foundation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *