Home > Publication > Opinion > Jalan-Jalan Ke Jepang, Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini

Jalan-Jalan Ke Jepang, Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini

Mataair.tv, Jakarta–Salah satu program Djakarta Creative School tahun ini adalah Student Journalist Backpacker. Dengan program ini kamu bisa belajar tentang creative writing, jurnalistik hingga fotografi. Diakhir program kami akan diajak mengunjungi sebuah negara lho. Namun hal ini tidak hanya untuk liburan, akan tetapi menguji keahlian kami terkait materi-materi writing dan fotografi kamu selama perjalanan.

Tahun lalu DCS telah berhasil melaksanakan program ini dan berkunjung ke Negara Jiran, Malaysia. Sebagai bocorannya di tahun ini DCS akan mengajak para peserta program Student Journalist Backpacker berkunjung ke negeri Sakura lho. Jadi buat kamu yang tertarik silahkan daftar dan ikuti setiap materi yang diberikan sebelum akhir program. Namun tahu kah kamu ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum berangkat ke Jepang. Berikut yang harus diperhatikan.

Visa

Ini adalah hal terpenting dari sekian banyak hal yang perlu diperhatikan. Kantor-kantor kedutaan Jepang yang berada di Indonesia berada di Jakarta, Surabaya, Medan dan Makasar. Kamu bisa mengurus Visa berdasarkan alamat sesuai KTP. jika kamu berdomisili di pulau Jawa dan Kalimantan bisa mengurus di Jakarta kecuali jika kamu berada di provinsi Jawa Timur. Kantor kedutaan Jepang di Surabaya melayani Jawa timur, Bali, Nusa Tenggara. Sedangkan kamu yang berada di Sumatera bisa mengurus di Medan dan kamu yang berada di Indonesia timur bisa mengurus di Makasar.

Outfit

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah pakaian. Kamu harus tahu terlebih dahulu musim apa yang sedang terjadi disaat kamu berkunjung ke Jepang. Jika musim dingin maka pakaian kamu harus menyesuaikan. Suhu yang turun sangat drastis mengharuskan kamu menambah ketebalan pakaian khusus seperti longjhon, sweater, syal dan sarung tangan.

Kamu tak perlu berlebih dalam menyiapkan semua yang disarankan diatas, tetap berhemat dan memaksimalkan yang sudah ada. Jika kamu tidak sempat hunting perlengkapan diatas kamu bisa belanja di Uniqlo Jepang.

Universal Adaptor

Apa jadinya kalau sudah bawa smartphone, laptop, kamera, bawa charger tetapi lupa bawa universal adaptor? Meskipun terlihat remeh, benda ini sangat penting dan banyak fungsinya karena Jepang memiliki bentuk stop kontak yang berbeda dengan Indonesia. Saya beli adaptor di toko listrik di Jogja seharga 40 ribu rupiah yang bisa digunakan di banyak negara di dunia seperti Jepang, Singapura, Amerika, dan Eropa. Jika berpergian dalam grup atau bersama teman-teman, tidak ada salahnya menyiapkan satu kabel rol yang dipakai bersamaan.

Sim card

Apa jadinya jika liburan tanpa selfie ria dan tidak bisa upload foto-foto kamu di sosial media. Nah, jika hal itu tidak ingin terjadi kamu harus mempersiapkan sim card. Bereda dengan Singapura dan Thailand yang memiliki regulasi dapat membeli sim card  dengan fitur apa saja ke dalam hp kita, di Jepang  bagi para wisatawan yang berkunjung kurang dari 3 bulan tidak dizinkan membeli kartu yang dilengkapi fitur menelpon dan sms. Kamu hanya diizinkan membeli kartu dengan layanan internet only.

Kamu bisa membeli sim card di Yodobayashi atau konter khusus sim card. Yodobayashi berada di setiap bandara dan beberapa titik disetiap kota seperti di sebrang stasiun Kyoto.

 

Currency Exchange

Kalau kamu pingin ngga ribet kamu bisa tukarkan uang rupiah kamu di Indonesia saja dengan alasan beberapa hal. pertama, menukar di epang dan di Indonesia tidak silisih jauh harganya. keuntungannya kamu menukar di Indonesia tidak ribet lagi saat di Jepang. Kedua, dengan menukar rupiah di Indonesia setidaknya kamu bisa sedikit menghemat sekalgus menganggarkan kira-kira berapa uang yang akan kamu habiskan selama liburan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *