Home > News > Apakah Hidupmu Sudah Bahagia? 8 Tanda-Tanda Ini Mungkin Bisa Memberikanmu Jawabannya

Apakah Hidupmu Sudah Bahagia? 8 Tanda-Tanda Ini Mungkin Bisa Memberikanmu Jawabannya

Kebahagiaan adalah hal yang dicari semua orang yang hidup di dunia ini. Segala perjuangan dan perjalanan hidup ujungnya adalah untuk mencapai fase bahagia, walau caranya berbeda-beda. Bahagia pun banyak macamnya. Ada orang yang memang sudah benar-benar bahagia dengan hidupnya, ada yang hanya berpura-pura saja. Semata karena mereka masih berusaha untuk menemukan kebahagiaan yang sesungguhnya.

Memang, yang mengetahui apakah kamu sudah bahagia atau belum, hanyalah dirimu sendiri. Orang lain hanya mampu menerka saja. Walau begitu, 8 hal di bawah ini bisa membantumu mengetahui apakah kamu sudah menemukan bahagiamu, atau masih dalam tahap mengusahakannya.

1. Orang yang bahagia mampu menyukuri proses bangkit dari kegagalan. Bagi mereka, banyak pelajaran yang tak patut disia-siakan

Mereka yang sudah menemukan bahagia dalam hidup, cenderung lebih kebal dalam menghadapi kegagalan. Mereka tidak begitu memedulikan rasa sakit dan keterpurukan dalam kegagalan. Ada hal baik yang bisa mereka petik dari sekadar meratapi kegagalan. Yup, kegagalan membuahkan pengalaman yang pada akhirnya bisa mereka jadikan pelajaran. Sesakit apa pun mereka jatuh, mereka selalu mampu untuk kembali menata hati.

2. Mereka yang bahagia lebih memilih mencecap pengalaman ketimbang materi. Bagi mereka, momen dan lokasi tidak dapat terganti

travel

Mereka yang sudah menemukan bahagia memutuskan pilihan dengan pertimbangan yang tidak berhubungan dengan materi. Jika diharuskan memilih, mereka mungkin cenderung memilih menghabiskan tabungan dengan traveling ketimbang membeli gadget baru yang belum dirasa perlu. Bukan berarti nggak membutuhkan gadget, akan tetapi traveling dirasa jauh lebih memiliki nilai dalam hidup. Yup, karena dengan traveling mereka akan punya memori yang akan selalu terkenang dalam benak. Lagipula, selama traveling, mereka punya kesempatan banyak untuk bertemu orang baru. Segudang pengalaman terasa jauh lebih bernilai ketimbang sesuatu yang sifatnya materi.

3. Belajar adalah rencananya mereka yang bahagia. Baca buku tebal yang bagi orang lain memusingkan, nggak mereka anggap sebagai beban!

books-girl-love-reading-Favim.

Mereka yang bahagia nggak pernah berhenti untuk terus belajar. Selalu menyempatkan diri untuk membaca buku di sela kesibukan. Nggak cuma memperkaya wawasan dengan membaca, orang yang bahagia juga senang mempelajari bahasa asing, hingga mengeksplor budaya baru. Wawasan baru membuat mereka terus berkembang dan semangat dalam menjalani hari.

4. Karena diri sendiri patut diapresiasi, mereka bisa menyempatkan diri untuk ‘me time‘ di tengah pelukan rutinitas yang padat

korean-food-lover-750x500

Sebagai pribadi yang sudah menemukan bahagia dalam dirinya, mereka tahu kapan harus menyempatkan diri untuk melakukan me time. Waktu berkualitas untuk membahagiakan diri bagi mereka tidak dimaknai sebagai sesuatu yang mahal. Cukup dengan memanjakan diri dengan camilan kesukaan saja, sudah cukup meningkatkan mood sepanjang hari. Hmm, kamu sendiri, sudahkan menyempatkan diri untuk me time hari ini?

5. Cenderung lebih banyak memberi ketimbang meminta, mereka selalu berusaha membuat orang lain bahagia

-charity-day-750x509

Mereka yang sudah menemukan bahagia dalam dirinya, cenderung berusaha untuk membahagiakan orang lain. Mereka percaya memberi dapat membuat hati mereka lebih bahagia. Memberi sedikit uang kepada pengamen jalanan, turut serta pada kegiatan amal, hingga menjadi pengajar bagi anak jalanan. Sekecil dan sesederhana apa pun itu, kebahagiaan selalu ingin mereka bagikan pada orang sekitar.

6. Biasanya mereka yang bahagia juga dikelilingi oleh teman-teman yang juga punya energi yang sama: positif dan inspiratif

tumblr_static_tumblr_static__640-6

You are the average of the five people around you.

– Jim Rohn –

Quotes dari Jim Rohn di atas ada benarnya juga. Jika inner circle-mu dihiasi dengan orang-orang berenergi positif, maka energi baik tersebut akan turut mengalir dalam dirimu. Nah, beruntunglah kamu yang dikelilingi oleh sahabat-sahabat yang selalu berpikiran positif, karena tandanya kamu adalah pribadi yang bahagia dan penuh semangat!

7. Sedikit mengeluh, lebih banyak bersyukur. Dalam kondisi yang bikin suntuk dan kesal sekalipun, mereka tetap tersenyum

hipwee-31525_20130117_110021_attitude_quotes_01

Kalau kamu udah jarang ngeluh dan memperbanyak bersyukur, wah, selamat! Karena itu tandanya kamu sudah menemukan bahagia dalam hidup. Yup, mereka yang bahagia akan selalu bersyukur dan berusaha mengendalikan diri untuk nggak gampang mengeluh, meski di tengah situasi yang tidak mengenakkan sekalipun. Hayoo, sudahkah kamu bersyukur hari ini?

8. Semangat optimis mengalir dalam diri mereka. Walau terlihat sangat tinggi, nggak sekalipun mereka takut untuk bermimpi

hipwee-635896422787272319-1663804671_dream-big-750x422

Mereka yang sudah menemukan kebahagiaan diri, nggak akan pernah takut untuk bermimpi. Rasa optimis dalam diri, membuat mereka nggak takut untuk bercita-cita dan mewujudkannya. Ketika apa yang mereka cita-citakan masih terasa jauh dari yang diimpikan, mereka tak berhenti begitu saja. Terus berusaha dengan rasa optimis yang erat dalam genggaman.

So, adakah diantara nomor-nomor di atas yang kamu banget? Kalau banyak, selamat, kamu udah tergolong jadi orang yang bahagia!

#SalamMotivasiHipwee

Sumber: Hipwee