Home > News > 8 Hukuman ala pesantren ini bikin santri bandel jadi belajar ikhlas

8 Hukuman ala pesantren ini bikin santri bandel jadi belajar ikhlas

Buat kamu yang pernah mondok atau tinggal dan belajar di pesantren pastinya memiliki banyak kenangan dan pengalaman yang bikin kamu kangen. Di antaranya teman yang berbeda daerah dan karakter, makan sepiring berdua hingga berbagi alat mandi.

Selain itu, kamu tentu tak akan lupa hukuman-hukuman ala pesantren. Hukuman tersebut mengajari arti sebuah tanggung jawab dan disiplin menaati peraturan. Maka dari itu, hukuman yang diterima diterima dengan ikhlas. Nah, kamu masih ingat hukuman-hukuman selama belajar di pesantren? Berikut brilio.net rangkum 8 hukuman bagi santri bandel dari berbagai sumber, Senin (4/4):

1. Makanya jangan nakal, kalau nggak mau digundul.

224726-1000xauto-hukuman-santri

Hukuman diplontos atau digundul biasanya berlaku buat santri yang melakukan pelanggaran berat, seperti bolos sekolah, pulang ke rumah tanpa izin atau ke luar dari lingkungan pesantren dengan menggunakan pakaian yang tak melambangkan sebagai santri. Hukuman ini sangat mencolok di mata santri lain karena perubahan penampilan rambut secara drastis.

Apapun kondisimu setelah digundul, semua teman-teman sesama santri tetap mengajakmu bermain, belajar dan bercanda bersama. Tak ada yang perlu disesali, digundul menjadi hukuman buat santri yang melanggar agar instropeksi diri terhadap kesalahan yang diperbuat.

2. Hafalan

224727-1000xauto-hukuman-santri

Hukuman ini biasanya diberikan kepada santri yang tidak salat berjamaah, lupa mengerjakan tugas atau tidur saat pengajian. Meski hal ini sebuah hukuman ringan, hafalan malah membuat santri tersebut memiliki bekal untuk memahami beberapa mata pelajaran.

3. Mengaji

750xauto-8-hukuman-ala-pesantren-ini-bikin-santri-bandel-jadi-belajar-ikhlas-1604043

Kamu yang suka bolos pengajian diwajibkan membaca beberapa ayat di Alquran. Biasanya hukuman ini dilakukan di serambi masjid, surat-surat yang disuruh untuk dibaca pun kebanyakan surat panjang atau beberapa halaman.

4. Barang terlarang yang dibawa ke area pondok disita

Hukuman Santri

Kamu dilarang membawa alat musik, handphone atau barang elektronik lain. Ustadz sebagai petugas akan menggeledah dan mengambil barang tersebut. Namun jangan khawatir, barang-barang itu dikembalikan kepada orangtua santri.

5. Menyapu halaman masjid dan pondok

Hukuman ini untuk mengajarkan arti kebersihan kepada para santri. Membersihkan lingkungan masjid dan pondok juga berpahala lho.

6. Menata sandal di depan masjid

Hukuman yang terbilang sering diterima santri, apalagi buat santri yang sering telat berjamaah. Siap-siap deh mengatur sandal agar tertata rapi.

7. Menguras dan membersihkan kamar mandi santri

Kebersihan sebagian daripada iman. Santri sudah sangat familiar dengan kata mutiara tersebut. So, hukuman menguras dan membersihkan kamar mandi santri mewakili kata mutiara tersebut. Makanya, jangan sering melanggar di pondok.

8. Orangtua dipanggil ke pondok

Hukuman di pesantren terkadang tidak mempan bagi sebagian santri. Nah, saat itulah orangtua santri itu dipanggil untuk diajak mengobrol dan mengajak si santri berbicara dari hati ke hati.

Sumber: Brilio